Minggu, 11 Mei 2008

Security System Of CCTV (Closed Circuit Television)

Apa itu CCTV?

CCTV adalah sistem pengawasan atau monitoring suatu kawasan menggunakan kamera video yang dipasang ditempat-tempat tertentu, dirangkai menjadi sebuah jaringan tertutup dan dapat dipantau dari sebuah ruang kontrol.

Karena semakin maraknya kriminalitas yang terjadi saat ini pemerintah sangat menggalakkan penggunaan kamera CCTV ini, terutama dalam usaha mengurangi tingkat kriminalitas dan juga dimanfaatkan dalam reka ulang tindak kriminal. Pemerintah mengatakan bahwa para pelaku tindak kriminal akan merasa TAKUT dan berpikir dua kali untuk melakukan niat jahatnya, sehingga angka kriminalitas dapat menurun.Dalam film-film action yang menampilkan suatu adegan dimana seseorang membuat sebuah rangkaian yang dapat memutar berulang2 sebuah rekaman pada kamera CCTV, dengan rekaman orang mondar-mandir, atau orang sedang tidur, atau hanya sekedar ruang kosong saja.
Artinya banyak muncul penjahat yang berteknologi, yang dapat menangkis kecanggihan CCTV.Itu berlaku untuk penjahat yang “cerdik” atau masih punya rasa takut dan malu. Tetapi ada juga yang sudah kebal, ada kamera CCTV pun masih dengan cueknya melakukan kriminal, ada yang pakai topeng, ada yang merusak kamera CCTV dengan cara menembaknya, dengan memukulnya dsb.

Artinya, dengan teknologi CCTV ( yang konon salah satu fungsinya adalah untuk mengurangi kriminalitas ) ternyata “membuahkan” produk teknologi baru sebagai “counter attack” nya. Sehingga dalam hal ini semakin canggih tingkat teknologi keamanan ( savety technology ) maka semakin cangguh pula tingkat kriminalitas ( crime technology ) yang muncul.Dengan kamera CCTV yang sangat mungil, seorang petugas kemanan dapat memantau keadaan. Dan bila ada kejahatan terjadi, rekaman pada CCTV cukup dapat dijadikan barang bukti. Oleh sebab itu, keberadaan CCTV banyak digunakan pada tempat-tempat yang rawan akan kejahatan pencurian seperti supermarket, dan mesin ATM.Saat ini banyak sekali jenis kamera CCTV dengan berbagai fungsi dan fitur. Teknologi yang mutakhir pun sudah tersedia, seperti CCTV berbasis Internet protocol (IP). Sistem keamanan melalui kamera CCTV yang berbasis IP boleh dibilang punya beberapa kelebihan. IP sebagai protokol yang umum digunakan untuk sebuah jaringan dan Internet lebih memudahkan diakses, terutama jika ingin melakukan pengontrolan atau pemantauan dari jauh (remote monitoring).

CCTV yang berbasis IP dapat diintegrasikan dengan wireless IP, local area network (LAN), dan wide area network (WAN). Dan, data-data yang ditangkap melalui kamera CCTV dapat disimpan menggunakan digital video recorder (DVR) ataupun video server (VS).Sistem yang menggunakan DVR biasanya digunakan untuk pemantauan di wilayah lokal, misalnya dalam satu gedung. Dengan menggunakan DVR, pengguna dapat menghubungkan 16 channel kamera sekaligus ke dalam DVR. Namun, disebabkan hanya memiliki satu ethernet, sehingga ia hanya menggunakan satu IP. Metode perekaman yang dapat dilakukan beragam, mulai dari perekaman berdasarkan jadwal; merekam berdasarkan deteksi gerakan atau alarm; atau dapat pula merekam secara manual. Jika pengelola gedung ingin mengendalikan banyak kamera dari jarak jauh, bisa menggunakan VS. Masing-masing kamera dihubungkan dengan satu VS, sehingga setiap kamera memiliki satu IP. Dari masing-masing IP ini selanjutnya dapat dihubungkan pada jaringan seperti LAN, WAN, atau Internet. Bentuknya hanya sebuah kotak kecil dengan konektor untuk dihubungkan dengan kamera dan peralatan jaringan lainnya seperti switch.Bentuk kamera yang semakin hari semakin kecil membuatnya sangat fleksibel untuk diletakkan di mana saja. Belum lagi instalasi CCTV tidak terlalu sulit. Bahkan, jika diinginkan kini juga sudah tersedia CCTV yang tidak menggunakan kabel.Keberadaan CCTV sebagai alat keamanan kadang menyulitkan kadang tidak. Untuk kemanan yang butuh pantauan ketat, tentu akan membutuhkan kehadiran SDM sebagai operator atau petugas pemantau. Sedangkan bila CCTV hanya digunakan sebagai alat dokumentasi atau bukti di kemudian hari. Petugas operator hanya perlu merekamnya.

Komponen penting yang dibutuhkan untuk instalasi cctv

=>Outdoor cctv - Weather proof untuk luar ruangan
out door cctv digunakan bila area yang akan dipantau berada di luar ruangan, misalnya Parkir, kawasan tambang, penumpukan barang, pabrik dan lainnya yang pada umumnya tempat tempat yang langsung kena sinar matahari atau hujan , kamera inipun bisa digunakan untuk indoor misalnya untuk area pabrik, atau tempat yang extrim, debu dll.

=>Indoor cctv - untuk dalam ruangan
Indoor cctv digunakan bila area yang akan dipantau berada di dalam ruangan, atau tempat yang tidak kena hujan, kamera ini biasanya digunakan di kantor, ruko, apartement, hotel, dan lainnya

=>DVR Stand alone dan dvr card untuk pc base
Untuk dapat melihat beberapa video dalam satu screen dan merekamnya, DVR Recorder atau DVR Card untuk PC Base, peralatan ini juga ada yang dilengkapi system networking, untuk jaringan LAN dan internet.

=>Kabel - BNC - Adaptor - Monitor - Rotator - Bracket
Untuk menghubungkan kamera dan perangkat rekaman / video monitor digunakan kabel khusus video - coaxial cables, kabel power juga digunakan untuk adaptor - power supply cctv camera, dan data cables bila perangkat cctv dilengkapi sistem ratator Pan tilt dan zoom.

Diagram & Grafik CCTV

=>
Komponen CCTV














=>Sensitivitas CCTV


=>Area Sensor CCTV


=>Grafik respon camera CCTV


Manfaat pemasangan kamera video CCTV

1.Dapat memantau toko/kantor/pabrik dari rumah, pertanian, peternakan, pertambangan, rumah sakit, perparkiran, tempat hiburan, sekolah, gudang, dan banyak lainnya.
2.Dapat memantau dari jarak jauh, kantor perwakilan-cabang dari pusat secara langsung (dengan remote camera, wireless camera, IP Camera, kamera cctv Internet atau via satelit)
3.Mengawasi rumah (babby sitter/pembantu dll) selagi anda bekerja di kantor, mengawasi pegawai, murid sekolah, dll.
4.Pemantauan dapat dilakukan tanpa diketahui, hiden camera walaupun dalam kegelapan tanpa cahaya dengan kamera Infra red.
5.Meningkatkan kinerja staff secara luar biasa drastis
6.Mengurangi dan mencegah kecurangan dan penipuan
7.Mencegah kehilangan barang dan kerugian material
8.Melindungi asset berharga anda
9.Dapat memantau kegiatan bisnis sambil berlibur bersama keluarga (tidak lagi mengorbankan waktu bersama keluarga yang sangat berharga)
10.Dapat merekam kejadian yang dipantau dengan DVR recorder , yang sangat berguna sebagai bukti, investigasi, penilaian kinerja pegawai dan karyawan.




1 komentar:

Raden 2010 mengatakan...

Kalo mo lihat hasil rekaman bgmana ya?
Pake software apa?
Info, sy coba pake DVR Card KMC 4400

Tks